Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

Dosen Inovatif UNIKMA Cilacap, Mengajar Matematika dengan Aplikasi Android

Unikma.ac.id – Perubahan besar dalam dunia pendidikan kini tidak lagi dapat dihindari. Revolusi digital telah […]


Unikma.ac.id – Perubahan besar dalam dunia pendidikan kini tidak lagi dapat dihindari. Revolusi digital telah menggeser cara kita belajar, berpikir, dan mengajar. Di ruang kelas masa kini, buku dan papan tulis tak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar.

Sebaliknya, smartphone di tangan mahasiswa justru menjadi jembatan menuju pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna.

Dalam konteks ini, dosen bukan hanya penyampai ilmu, tetapi juga inovator pendidikan yang mampu menghadirkan pengalaman belajar matematika melalui media digital. Salah satu wujud nyata inovasi itu adalah pemanfaatan aplikasi Android dalam proses pembelajaran matematika.

Mengapa Android?

Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.
Menurut laporan Statista (2024), lebih dari 70% pengguna smartphone global menggunakan Android. Artinya, hampir setiap mahasiswa memiliki perangkat yang berpotensi menjadi alat belajar personal berbasis teknologi.

Bagi dosen yang kreatif, Android bukan sekadar media komunikasi, melainkan ruang inovasi pembelajaran. Melalui aplikasi berbasis Android, konsep-konsep matematika yang abstrak dapat divisualisasikan, dimanipulasi, dan dieksplorasi secara real-time oleh mahasiswa.

Matematika yang Hidup di Genggaman

Bayangkan ketika mahasiswa tidak hanya mendengar penjelasan tentang transformasi geometri, tetapi juga menggerakkan objek langsung di layar ponsel mereka menggunakan aplikasi interaktif seperti GeoGebra, Photomath, atau Mathway.
Atau saat mereka belajar integral dan turunan menggunakan aplikasi simulasi berbasis grafik yang menunjukkan perubahan kurva secara dinamis.

Pendekatan seperti ini menjadikan matematika lebih konkret, visual, dan kontekstual, sekaligus meningkatkan engagement mahasiswa dalam belajar.
Dosen yang mampu mengintegrasikan aplikasi Android ke dalam perkuliahan bukan hanya mengajar, tapi menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan dengan zaman.

Dosen Sebagai Inovator Digital

Menjadi dosen inovatif berarti berani melangkah keluar dari zona nyaman konvensional.
Inovasi tidak harus selalu berarti menciptakan aplikasi baru, tetapi bisa dimulai dari langkah sederhana, seperti mengadaptasi aplikasi yang sudah ada untuk keperluan pembelajaran.

Contoh:

– Menggunakan GeoGebra for Android untuk mengajarkan konsep vektor, fungsi, atau matriks.

– Menggunakan Desmos untuk memvisualisasikan grafik fungsi dan transformasinya.

– Mengembangkan media pembelajaran sederhana dengan App Inventor yang bisa digunakan mahasiswa dalam praktik mengajar di sekolah.

Pendekatan ini sejalan dengan visi kampus berbasis IT seperti Universitas (UNIKMA), yang menekankan pentingnya literasi digital bagi tenaga pendidik masa depan.

Dampak pada Mahasiswa Calon Guru

Bagi mahasiswa Pendidikan Matematika, keterlibatan dosen dalam penggunaan teknologi pembelajaran berbasis Android memberikan dua manfaat besar:

1. Menumbuhkan kreativitas pedagogis, karena mahasiswa belajar langsung bagaimana mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

2. Meningkatkan relevansi profesional, karena mereka akan siap menghadapi dunia pendidikan modern yang semakin digital dan adaptif.

Dengan demikian, dosen inovatif berperan ganda: sebagai pengajar sekaligus inspirator, yang menanamkan semangat eksplorasi dan pembaruan kepada mahasiswa.

Inovasi dalam pendidikan tidak selalu datang dari teknologi canggih, melainkan dari cara berpikir kreatif seorangpendidik.

Ketika dosen mampu memanfaatkan aplikasi Android untuk menjelaskan konsep matematika yang kompleks, ia tidak hanya mentransfer pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan budaya belajar baru yang lebih aktif, partisipatif, dan relevan dengan dunia digital.

Melalui pendekatan seperti ini, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama terus berkomitmen mencetak guru matematika profesional yang inovatif dan melek teknologi, siap berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia.

Ingin belajar menjadi guru matematika yang kreatif, digital, dan siap mengajar dengan teknologi terkini?

Mari bergabung bersama kami di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama, tempat di mana matematika, teknologi, dan inovasi berpadu menjadi kekuatan pendidikan masa depan.

👉 Info dan Pendaftaran, segera hubungi 0877.3535.5798

*Penulis adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Komputama

Referensi:

1. Hohenwarter, M., & Jones, K. (2018). GeoGebra as a Bridge between Geometry, Algebra and Calculus: The Case for Android Integration in Teaching. Journal of Mathematics Education, 11(2), 45–58.

2. Puentedura, R. R. (2022). Transformation, Technology, and Education: The SAMR Model Revisited. Educational Technology Research Review, 29(3), 112–125.

3. Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-0812

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

ayowin

mahjong ways

judi bola online

9001

9002

9003

9004

9005

9006

9007

9008

9009

9010

9011

9012

9013

9014

9015

10031

10032

10033

10034

10035

10036

10037

10038

10039

10040

10041

10042

10043

10044

10045

10101

10102

10103

10104

10105

10106

10107

10108

10109

10110

10221

10222

10223

10224

10225

10226

10227

10228

10229

10230

10111

10112

10113

10114

10115

10231

10232

10233

10234

10235

10236

10237

10238

10239

10240

9016

9017

9018

9019

9020

9021

9022

9023

9024

9025

9026

9027

9028

9029

9030

10046

10047

10048

10049

10050

10051

10052

10053

10054

10055

10056

10057

10058

10059

10060

10116

10117

10118

10119

10120

10121

10122

10123

10124

10125

10126

10127

10128

10129

10130

10206

10207

10208

10209

10210

10211

10212

10213

10214

10215

10216

10217

10218

10219

10220

9036

9037

9038

9039

9040

9041

9042

9043

9044

9045

10061

10062

10063

10064

10065

10066

10067

10068

10069

10070

10131

10132

10133

10134

10135

10136

10137

10138

10139

10140

10196

10197

10198

10199

10200

10201

10202

10203

10204

10205

10001

10002

10003

10004

10005

10006

10007

10008

10009

10010

10011

10012

10013

10014

10015

10016

10017

10018

10019

10020

10021

10022

10023

10024

10025

10026

10027

10028

10029

10030

10141

10142

10143

10144

10145

10146

10147

10148

10149

10150

10181

10182

10183

10184

10185

10186

10187

10188

10189

10190

10191

10192

10193

10194

10195

10071

10072

10073

10074

10075

10076

10077

10078

10079

10080

10081

10082

10083

10084

10085

10151

10152

10153

10154

10155

10156

10157

10158

10159

10160

10161

10162

10163

10164

10165

10166

10167

10168

10169

10170

10171

10172

10173

10174

10175

10176

10177

10178

10179

10180

10086

10087

10088

10089

10090

10091

10092

10093

10094

10095

10096

10097

10098

10099

10100

content-0812