Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

Kuliah Tahun Ketiga Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama, Fokus 3 Hal Ini

Universitas Komputama – Memasuki tahun ketiga, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Komputama sudah memiliki […]

Ilustrasi Matematika dan Artificial Intellegence. (Foto: Created by Meta.ai)


Universitas Komputama – Memasuki tahun ketiga, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Komputama sudah memiliki bekal yang kuat dari segi konsep matematika dasar dan lanjutan, serta ilmu keguruan dan psikologi pendidikan.

Tahun ketiga dirancang untuk membawa mahasiswa menuju penguasaan kompetensi aplikatif, yaitu kemampuan untuk menerapkan teori pembelajaran matematika dalam konteks nyata, mengembangkan media pembelajaran kreatif, dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan modern.

Paradigma Outcome-Based Education (OBE) di fase ini menekankan “performance and creativity outcomes”, artinya, mahasiswa tidak hanya mampu menjelaskan teori, tetapi juga mendemonstrasikan kompetensinya melalui karya nyata, proyek digital, dan kegiatan pra-magang di sekolah.

Tahun ketiga merupakan tahap transformasi dari teori menuju praktik profesional. Fokus utamanya terbagi menjadi tiga aspek besar: pengembangan media pembelajaran, kompetensi digital dan konten kreator edukatif, serta persiapan magang (PPL).

1. Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Matematika

Mahasiswa mulai diarahkan untuk menciptakan inovasi media pembelajaran interaktif, baik berbasis konvensional maupun digital.
Beberapa mata kuliah inti yang mendukung capaian ini antara lain:

Desain dan Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, membekali mahasiswa dengan kemampuan merancang media visual, digital, atau manipulatif.

Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran, fokus pada penggunaan aplikasi seperti GeoGebra, Desmos, Canva, PowerPoint interaktif, dan Learning Management System (LMS).

Produksi Multimedia Pembelajaran Matematika, mengajarkan pembuatan video edukatif, animasi, serta konten visual yang menarik untuk siswa.

Pengembangan E-Learning dan Bahan Ajar Digital, mahasiswa berlatih membuat modul interaktif, e-book, dan konten pembelajaran online berbasis website atau platform pembelajaran daring.

Mata kuliah-mata kuliah ini diarahkan untuk menghasilkan portofolio digital yang menjadi bukti nyata capaian pembelajaran (learning evidence) mahasiswa.

Contoh learning outcome:
Mahasiswa mampu merancang dan memproduksi media pembelajaran matematika berbasis teknologi digital yang inovatif, komunikatif, dan sesuai karakteristik peserta didik.

2. Penguatan Kompetensi Konten Kreator Edukatif

Sebagai generasi pendidik abad ke-21, calon guru matematika perlu menguasai literasi digital dan kemampuan menjadi konten kreator edukatif.

Fokus pembelajaran ini sejalan dengan tren pendidikan modern di mana guru tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga menyebarkan konten pembelajaran matematika melalui media sosial dan platform digital.

Beberapa aktivitas dan mata kuliah pendukung:

Matematika dalam Literasi Digital dan Media Sosial, mahasiswa belajar memproduksi video edukasi, podcast matematika, dan infografis interaktif.

Komunikasi dan Branding Edukatif Guru Matematika, melatih mahasiswa membangun citra profesional dan etika digital.

Workshop Konten Edukatif Digital, kegiatan berbasis proyek (project-based learning) untuk menghasilkan konten matematika yang menarik, informatif, dan berbasis nilai edukatif.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya menjadi “pengajar di kelas”, tetapi juga influencer pendidikan yang mampu menginspirasi masyarakat luas dalam memahami matematika secara menyenangkan.

3. Persiapan Magang dan Praktik Lapangan (PPL)

Akhir tahun ketiga difokuskan pada persiapan magang di sekolah. Mahasiswa mulai mengenal duniapendidikan nyata melalui kegiatan observasi dan pra-PPL.
Beberapa mata kuliah dan kegiatan terkait:

Observasi Sekolah dan Analisis Kurikulum Matematika Sekolah, mengenalkan sistem kurikulum nasional dan strategi implementasinya.

Micro Teaching (Pembelajaran Mikro), memberikan pengalaman praktik mengajar dalam skala kecil, dengan simulasi dan umpan balik langsung dari dosen serta teman sejawat.

Manajemen Kelas dan Penilaian Otentik, mempersiapkan mahasiswa dalam mengelola kelas dan merancang penilaian berbasis proyek.

Etika Profesi dan Kode Etik Guru, memperkuat nilai-nilai tanggung jawab, kejujuran, dan kepemimpinan dalam profesi guru.

Kegiatan ini menjadi jembatan menuju tahun keempat, yaitu fase praktik mengajar penuh (PPL II) dan penulisan skripsi.

Capaian utama tahun ketiga:
Mahasiswa mampu menunjukkan kesiapan profesional dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dan beretika.

Seluruh pembelajaran tahun ketiga berbasis student-centered learning (SCL) dan project-based learning (PjBL). Evaluasi dilakukan dengan cara autentik, seperti:

– Produk digital (video pembelajaran, e-modul, media interaktif)

– Portofolio pengajaran

– Proyek kolaboratif lintas mata kuliah

– Refleksi diri dan umpan balik sejawat

Mahasiswa dilatih untuk menjadi guru yang kreatif, adaptif, dan reflektif, selaras dengan tuntutan OBE yang berorientasi pada kinerja nyata dan kemampuan demonstratif.

Intinya tahun ketiga merupakan fase penting dalam kurikulum berbasis OBE di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama, fase di mana mahasiswa bertransformasi dari pembelajar pasif menjadi inovator pendidikan.

Melalui pengembangan media pembelajaran, produksi konten edukatif, dan persiapan magang di sekolah, mahasiswa dipersiapkan menjadi guru matematika modern yang tidak hanya cakap mengajar di kelas, tetapi juga menginspirasi dunia digital pendidikan.

*Penulis adalah Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama, Cilacap, Jawa Tengah

Daftar Referensi:

1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

2. Kemenristekdikti. (2018). Panduan Implementasi Outcome-Based Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

3. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK). (2023). Instrumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika Berbasis OBE.

4. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

5. Suherman, E., et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.

6. Hidayat, R., & Rahayu, L. (2020). “Penerapan OBE dalam Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 120–129.

7. Prasetyo, Z. K., & Suyanto, E. (2019). Desain Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Yogyakarta: UNY Press.

8. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

9. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-2511

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

2001

2002

2003

2004

2005

2006

2007

2008

2009

2010

2106

2107

2108

2109

2110

2111

2112

2113

2114

2115

2116

2117

2118

2119

2120

2121

2122

2123

2124

2125

2196

2197

2198

2199

2200

2201

2202

2203

2204

2205

1141

1142

1143

1144

1145

2011

2012

2013

2014

2015

2096

2097

2098

2099

2100

2101

2102

2103

2104

2105

2126

2127

2128

2129

2130

2131

2132

2133

2134

2135

2206

2207

2208

2209

2210

2211

2212

2213

2214

2215

1154

1155

2016

2017

2018

2019

2020

2021

2022

2023

2024

2025

2086

2087

2088

2089

2090

2091

2092

2093

2094

2095

2136

2137

2138

2139

2140

2141

2142

2143

2144

2145

2216

2217

2218

2219

2220

2221

2222

2223

2224

2225

2026

2027

2028

2029

2030

2031

2032

2033

2034

2035

2076

2077

2078

2079

2080

2081

2082

2083

2084

2085

2146

2147

2148

2149

2150

2151

2152

2153

2154

2155

2226

2227

2228

2229

2230

2231

2232

2233

2234

2235

2036

2037

2038

2039

2040

2041

2042

2043

2044

2045

2066

2067

2068

2069

2070

2071

2072

2073

2074

2075

2166

2167

2168

2169

2170

2171

2172

2173

2174

2175

2236

2237

2238

2239

2240

2241

2242

2243

2244

2245

2046

2047

2048

2049

2050

2051

2052

2053

2054

2055

2156

2157

2158

2159

2160

2161

2162

2163

2164

2165

2246

2247

2248

2249

2250

2251

2252

2253

2254

2255

2176

2177

2178

2179

2180

2181

2182

2183

2184

2185

2186

2187

2188

2189

2190

2191

2192

2193

2194

2195

content-2511