7. Tren Terkini
- Real-time rendering dan virtual production (LED volume, game engine untuk film).
- AI dalam multimedia: generatif (gambar, audio, video), upscaling super-resolusi, transkripsi otomatis.
- Komputasi spasial: AR/VR/MR dengan tracking lebih presisi.
- Video vertikal dan konten mobile-first.
- Personalisasi dinamis berbasis data dan adaptive streaming.
8. Praktik Terbaik Produksi
- Pra-produksi: tujuan, target audiens, storyboard, script, dan prototipe interaktif.
- Produksi: manajemen aset, versioning, standarisasi penamaan file.
- Pasca-produksi: mixing audio, color grading, kompresi, pengujian lintas perangkat.
- Pengukuran: A/B testing, analitik keterlibatan, heatmap interaksi.
- Pemeliharaan: pembaruan konten, audit aksesibilitas, optimasi berkelanjutan.
9. Contoh Alur Proyek Multimedia Sederhana
- Tujuan: modul e-learning 5 menit tentang keselamatan kerja.
- Langkah: tulis naskah, desain storyboard, rekam narasi, buat ilustrasi SVG, animasi ringan, susun di HTML5/JS, tambahkan kuis interaktif, uji aksesibilitas, kompres aset, rilis, analitik.
Referensi Utama
• Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.
• ISO/IEC 23009-1: Dynamic adaptive streaming over HTTP (DASH) — Part 1: Media presentation.
• W3C. Web Content Accessibility Guidelines (WCAG) 2.2. https://www.w3.org/TR/WCAG22/
• W3C. HTML Standard (Living Standard). https://html.spec.whatwg.org/
• ITU-T H.264 | ISO/IEC 14496-10 AVC dan ITU-T H.265 | ISO/IEC 23008-2 HEVC.
• Netflix TechBlog. Per-Title Encode Optimization. https://netflixtechblog.com/
• Adobe. Video and audio fundamentals. https://helpx.adobe.com/
• Blender Manual. https://docs.blender.org/manual/en/latest/
• Unity Documentation. https://docs.unity3d.com/Manual/index.html
• Khronos Group. WebGL Specification. https://www.khronos.org/registry/webgl/specs/latest/1.0/
*Imam, S.Kom, Staf Sarpras STMIK Komputama Cilacap