Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
Slide 3
Slide 2
KULIAH DI STMIK KOMPUTAMA MAJENANG
KULIAH GRATIS 100%

Dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kamu bisa kuliah gratis 100% dan juga bisa dapat uang saku tiap bulan

Slide 1
“LOCAL CAMPUS GLOBAL VALUES”
Slide
previous arrow
next arrow

Memahami Multimedia: Konsep, Komponen, dan Penerapannya di Era Digital

3. Prinsip Desain Multimedia Kognitif: prinsip multimedia Mayer (mis. coherence, signaling, redundancy, spatial/temporal contiguity) untuk […]

Ilustrasi Machine Learning – by Meta.ai / Ridlo


3. Prinsip Desain Multimedia

  • Kognitif: prinsip multimedia Mayer (mis. coherence, signaling, redundancy, spatial/temporal contiguity) untuk mengurangi beban kognitif.
  • Konsistensi visual: hierarki, kontras, warna, dan white space.
  • Aksesibilitas: teks alternatif, kontras warna cukup, caption/closed captions, navigasi keyboard, dan kompatibilitas pembaca layar (WCAG).
  • Responsivitas: desain adaptif lintas perangkat dan ukuran layar.
  • Kinerja: kompresi aset, lazy-loading, caching, dan optimasi streaming.

4. Teknologi dan Alat

  • Desain grafis: Adobe Photoshop, Illustrator; alternatif GIMP, Inkscape.
  • Audio: Audacity, Adobe Audition, Reaper.
  • Video: Adobe Premiere Pro, DaVinci Resolve, Final Cut Pro.
  • Animasi/3D: Blender, After Effects, Cinema 4D, Unity/Unreal untuk interaktif/real-time.
  • Web: HTML5, CSS3, JavaScript, WebGL, WebAssembly, Canvas, dan SVG; pustaka Three.js, PixiJS.
  • Kompresi & streaming: HLS/DASH, CDN, codec modern (H.265/HEVC, AV1, Opus).

5. Bidang Penerapan

  • Pendidikan: e-learning interaktif, simulasi, microlearning, AR untuk laboratorium virtual.
  • Bisnis & pemasaran: video brand, iklan interaktif, landing page multimedia, live commerce.
  • Hiburan: game, film animasi, VR sinematik, pengalaman imersif di instalasi museum.
  • Jurnalisme: visualisasi data interaktif, storytelling multimedia, peta interaktif.
  • Pelatihan industri: simulasi keselamatan, panduan AR untuk maintenance.
  • Kesehatan: terapi berbasis VR, edukasi pasien melalui animasi medis.

6. Standar, Format, dan Hak Cipta

  • Standar web: HTML5 (audio/video), CSS, ECMAScript; WCAG 2.1/2.2 untuk aksesibilitas.
  • Format terbuka vs proprietari: pertimbangkan interoperabilitas dan lisensi.
  • Hak cipta & lisensi: Creative Commons, royalty-free vs rights-managed; pentingnya atribusi dan manajemen DRM bila diperlukan.
Halaman: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *