Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

Fokus Perkuliahan Tahun Kedua di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama

Universitas Komputama – Setelah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika menyelesaikan tahun pertama yang berfokus pada penguasaan […]

Ilustrasi Rumus Matematika. (Foto: Created by Meta.ai)


Universitas Komputama – Setelah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika menyelesaikan tahun pertama yang berfokus pada penguasaan konsep dasar matematika dan pengetahuan umum, maka tahun kedua menjadi tahap penguatan kompetensi keilmuan dan pedagogik.

Melalui pendekatan Outcome-Based Education (OBE), setiap mata kuliah di tahun kedua dirancang untuk menumbuhkan kemampuan analitis yang lebih mendalam dalam bidang matematika sekaligus menyiapkan mahasiswa memahami landasan keilmuan pendidikan dan profesi guru.

Tahun kedua menjadi jembatan antara pemahaman konsep dasar dan kemampuan aplikatif di bidang pendidikan, mengintegrasikan matematika tingkat lanjut dengan ilmu keguruan agar calon pendidik memiliki keseimbangan antara penguasaan konten dan kemampuan mengajarkan konten tersebut secara efektif.

Rancangan pembelajaran tahun kedua diarahkan untuk memperkuat dua domain utama: kompetensi akademik (subject matter competence) dan kompetensi pedagogik (pedagogical competence).

1. Mata Kuliah Matematika Tingkat Lanjut

Pada tahap ini, mahasiswa mendalami cabang-cabang matematika yang lebih abstrak dan aplikatif, sebagai dasar untuk memahami struktur matematika sekolah menengah maupun lanjutan.

Beberapa mata kuliah yang umumnya ditawarkan pada tahun kedua antara lain:

  • Kalkulus Lanjut (Multivariabel), memperluas pemahaman konsep turunan dan integral ke fungsi multivariabel.
  • Geometri Analitik dan Geometri Transformasi, mengenalkan konsep geometri modern dan aplikasinya dalam bidang pendidikan.
  • Teori Bilangan dan Kombinatorika, membentuk kemampuan berpikir matematis yang sistematis dan kreatif.
  • Aljabar Abstrak (Grup, Ring, dan Lapangan) memperdalam konsep struktur aljabar yang menjadi dasar teori modern.
  • Statistika Inferensial dan Analisis Data, melatih kemampuan analisis, penalaran data, dan penerapan perangkat lunak statistik.

Setiap mata kuliah dikembangkan berdasarkan capaian pembelajaran (CPMK) yang relevan dengan CPL prodi, seperti:

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep lanjutan matematika dan mengaitkannya dengan aplikasi dalam pendidikan dan penelitian.

2. Mata Kuliah Keguruan dan Profesi Pendidik

Sebagai program studi pendidikan, mahasiswa juga perlu memahami konsep dasar keguruan, psikologi pendidikan, dan strategi pembelajaran.

Beberapa mata kuliah yang menjadi fokus di tahun kedua antara lain:

Psikologi Pendidikan, memahami karakteristik belajar peserta didik.

Strategi Belajar Mengajar Matematika, membekali mahasiswa dengan model-model pembelajaran inovatif berbasis masalah dan proyek.

Evaluasi Pembelajaran Matematika, mengembangkan kemampuan merancang instrumen penilaian hasil belajar.

Teknologi Pembelajaran Matematika, mengenalkan pemanfaatan teknologi digital, software, dan media interaktif dalam pembelajaran.

Profesi Kependidikan dan Etika Guru, menumbuhkan pemahaman terhadap kode etik guru dan nilai-nilai profesionalisme.

– Pendekatan pembelajaran tetap mengutamakan student-centered learning dengan penekanan pada:

– Kolaborasi melalui lesson study dan micro teaching mini.

– Simulasi pembelajaran dan analisis kasus kelas nyata.

– Penerapan perangkat lunak pendidikan matematika seperti GeoGebra, Desmos, atau SPSS.

Dalam paradigma OBE, setiap pembelajaran tidak hanya berfokus pada isi materi, tetapi juga pada bagaimana mahasiswa menggunakannya untuk mencapai hasil nyata dalam konteks profesional.
Oleh karena itu, integrasi antara matematika tingkat lanjut dan ilmu keguruan di tahun keduabertujuan agar mahasiswa:

1. Mampu menjelaskan dan memodelkan konsep matematika dalam berbagai konteks.

2. Mampu merancang pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna bagi peserta didik.

3. Menunjukkan sikap profesional, reflektif, dan beretika dalam setiap proses akademik.

Pada akhir tahun kedua, mahasiswa diharapkan sudah memiliki kompetensi konseptual dan pedagogik dasar yang akan menjadi bekal utama memasuki tahun ketiga, di mana akan diperkuat dengan praktik pembelajaran dan penelitian pendidikan matematika.

Tahun kedua dalam kurikulum berbasis OBE di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Komputama merupakan masa transisi strategis, dari pembelajar menjadi calon pendidik.

Melalui kombinasi antara matematika tingkat lanjut dan ilmu keguruan, mahasiswa dipersiapkan tidak hanya untuk memahami matematika secara mendalam, tetapi juga untuk mampu mentransfer pengetahuan itu secara efektif kepada peserta didik.

Keseimbangan antara keilmuan dan pedagogik inilah yang menjadi ciri khas dan kekuatan utama lulusan Pendidikan Matematika berbasis OBE.

*Penulis adalah Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama

Daftar Referensi

  • 1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • 2. Kemenristekdikti. (2018). Panduan Implementasi Outcome-Based Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.
  • 3. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK). (2023). Instrumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika Berbasis OBE.
  • 4. Suherman, E., et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.
  • 5. Hidayat, R., & Rahayu, L. (2020). “Penerapan OBE dalam Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 120–129.
  • 6. Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  • 7. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  • 8. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

One response to “Fokus Perkuliahan Tahun Kedua di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama”

  1. Apa tantangan dan peluang terbesar yang biasanya dihadapi mahasiswa saat memasuki masa transisi dari pembelajar ke calon pendidik di tahun kedua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-2011

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

3001

3002

3003

3004

3005

3006

3007

3008

3009

3010

3096

3097

3098

3099

3100

3101

3102

3103

3104

3105

4000

4001

4002

4003

4004

4005

4006

4007

4008

4009

4010

4011

4012

4013

4014

4015

4016

4017

4018

4019

3026

3027

3028

3029

3030

3031

3032

3033

3034

3035

3106

3107

3108

3109

3110

3111

3112

3113

3114

3115

4020

4021

4022

4023

4024

4025

4026

4027

4028

4029

4030

4031

4032

4033

4034

4035

4036

4037

4038

4039

3036

3037

3038

3039

3040

3041

3042

3043

3044

3045

3116

3117

3118

3119

3120

3121

3122

3123

3124

3125

4040

4041

4042

4043

4044

4045

4046

4047

4048

4049

4050

4051

4052

4053

4054

4055

4056

4057

4058

4059

3126

3127

3128

3129

3130

3131

3132

3133

3134

3135

3056

3057

3058

3059

3060

3061

3062

3063

3064

3065

3136

3137

3138

3139

3140

3141

3142

3143

3144

3145

4060

4061

4062

4063

4064

4065

4066

4067

4068

4069

4070

4071

4072

4073

4074

4075

4076

4077

4078

4079

3071

3072

3073

3074

3075

3136

3137

3138

3139

3140

3141

3142

3143

3144

3145

4080

4081

4082

4083

4084

4085

4086

4087

4088

4089

4090

4091

4092

4093

4094

4095

4096

4097

4098

4099

3076

3077

3078

3079

3080

3081

3082

3083

3084

3085

4100

4101

4102

4103

4104

4105

4106

4107

4108

4109

4110

4111

4112

4113

4114

4115

4116

4117

4118

4119

3086

3087

3088

3089

3090

3091

3092

3093

3094

3095

4120

4121

4122

4123

4124

4125

4126

4127

4128

4129

4130

4131

4132

4133

4134

4135

4136

4137

4138

4139

content-2011