Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

Pembelajaran Geometri dengan Augmented Reality, Saat Bangun Ruang Tak Lagi Sekadar Imajinasi

Unikma.ac.id – Dalam dunia pendidikan matematika modern, geometri sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa […]

Belajar matematika dengan augmented reality. Foto: Gemini/Unikma.ac.id)


Unikma.ac.id – Dalam dunia pendidikan matematika modern, geometri sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dan peserta didik.

Konsep-konsep ruang tiga dimensi, seperti prisma, limas, dan bola, kerap sulit dipahami hanya melalui gambar dua dimensi di papan tulis.

Namun, di era digital yang serba canggih ini, muncul solusi inovatif, Augmented Reality (AR).

Transformasi Visual dalam Pembelajaran Geometri

Augmented Reality memungkinkan penggabungan dunia nyata dengan elemen digital secara interaktif. Dengan bantuan aplikasi AR, objek geometri dapat “muncul” di dunia nyata melalui layar smartphone atau tablet. Mahasiswa bisa memutar, memperbesar, atau bahkan memproyeksikan bangun ruang seolah-olah benar-benar ada di depan mereka.

Metode ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih eksploratif, visual, dan kontekstual, sebuah pengalaman belajar yang tak hanya melihat, tapi juga berinteraksi.

Bayangkan seorang mahasiswa sedang belajar tentang irisan kerucut. Dengan AR, ia dapat melihat bagaimana bidang memotong kerucut dari berbagai arah, menghasilkan bentuk elips, parabola, atau hiperbola. Bukan lagi teori abstrak, tapi pengalaman visual yang menumbuhkan pemahaman konseptual mendalam.

Inovasi di Ruang Kuliah dan Sekolah

Banyak dosen dan guru kini mulai mengintegrasikan aplikasi AR seperti GeoGebra AR, Assemblr EDU, dan ARLOOPA dalam pembelajaran matematika. Di kelas, dosen dapat memproyeksikan model 3D langsung di meja mahasiswa. Di rumah, mahasiswa dapat melanjutkan eksplorasi mandiri hanya dengan memindai kode QR yang disediakan oleh pengajar.

Selain meningkatkan pemahaman konsep, penggunaan AR juga membangun rasa ingin tahu dan keterlibatan aktif mahasiswa. Mereka tidak lagi menjadi penerima pasif, melainkan penjelajah konsep matematika yang mandiri dan kreatif.

AR sebagai Jembatan antara Matematika dan Teknologi

Penerapan AR dalam pembelajaran geometri adalah contoh nyata bagaimana teknologi menjadi jembatan antara teori dan praktik. AR menjadikan matematika lebih hidup, interaktif, dan relevan dengan dunia digital yang kini dikuasai generasi muda.

Dosen inovatif di era ini bukan hanya penyampai materi, tetapi juga fasilitator pengalaman belajar yang mampu menghubungkan keindahan matematika dengan teknologi mutakhir.

Augmented Reality membawa geometri ke level baru, dari sekadar gambar di papan tulis menjadi pengalaman belajar yang imersif dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, mahasiswa tak hanya belajar bentuk dan rumus, tetapi juga mengasah kemampuan berpikir spasial dan kreatif, dua kompetensi penting di abad 21.

*Penulis adalah dosen Pendidikan Matematika Universitas Komputama (UNIKMA), Cilacap, Jawa Tengah

Daftar Referensi:

1. Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6(4), 355–385.

2. Ibáñez, M. B., & Delgado-Kloos, C. (2018). Augmented Reality for STEM Learning: A Systematic Review. Computers & Education, 123, 109–123.

3. Bacca, J., Baldiris, S., Fabregat, R., Graf, S., & Kinshuk. (2014). Augmented Reality Trends in Education: A Systematic Review of Research andApplications. Journal of Educational Technology & Society, 17(4), 133–149.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-0812

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

ayowin

mahjong ways

judi bola online

9001

9002

9003

9004

9005

9006

9007

9008

9009

9010

9011

9012

9013

9014

9015

10031

10032

10033

10034

10035

10036

10037

10038

10039

10040

10041

10042

10043

10044

10045

10101

10102

10103

10104

10105

10106

10107

10108

10109

10110

10221

10222

10223

10224

10225

10226

10227

10228

10229

10230

10111

10112

10113

10114

10115

10231

10232

10233

10234

10235

10236

10237

10238

10239

10240

9016

9017

9018

9019

9020

9021

9022

9023

9024

9025

9026

9027

9028

9029

9030

10046

10047

10048

10049

10050

10051

10052

10053

10054

10055

10056

10057

10058

10059

10060

10116

10117

10118

10119

10120

10121

10122

10123

10124

10125

10126

10127

10128

10129

10130

10206

10207

10208

10209

10210

10211

10212

10213

10214

10215

10216

10217

10218

10219

10220

9036

9037

9038

9039

9040

9041

9042

9043

9044

9045

10061

10062

10063

10064

10065

10066

10067

10068

10069

10070

10131

10132

10133

10134

10135

10136

10137

10138

10139

10140

10196

10197

10198

10199

10200

10201

10202

10203

10204

10205

10001

10002

10003

10004

10005

10006

10007

10008

10009

10010

10011

10012

10013

10014

10015

10016

10017

10018

10019

10020

10021

10022

10023

10024

10025

10026

10027

10028

10029

10030

10141

10142

10143

10144

10145

10146

10147

10148

10149

10150

10181

10182

10183

10184

10185

10186

10187

10188

10189

10190

10191

10192

10193

10194

10195

10071

10072

10073

10074

10075

10076

10077

10078

10079

10080

10081

10082

10083

10084

10085

10151

10152

10153

10154

10155

10156

10157

10158

10159

10160

10161

10162

10163

10164

10165

10166

10167

10168

10169

10170

10171

10172

10173

10174

10175

10176

10177

10178

10179

10180

10086

10087

10088

10089

10090

10091

10092

10093

10094

10095

10096

10097

10098

10099

10100

content-0812