Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

Mahasiswa Belajar Apa Saja di Tahun Pertama Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama?

Universitas Komputama – Pendidikan tinggi di era modern menuntut setiap program studi untuk menyesuaikan diri […]

Ilustrasi belajar matematika. (Created by Meta.ai/Ridlo)


Universitas Komputama – Pendidikan tinggi di era modern menuntut setiap program studi untuk menyesuaikan diri dengan paradigma pembelajaran berbasis capaian (Outcome Based Education atau OBE). Pendekatan ini menekankan pada hasil belajar yang terukur dan relevan dengan kompetensi lulusan yang diharapkan.

Dalam konteks Program Studi Pendidikan Matematika, OBE bukan hanya tentang penguasaan teori matematika, tetapi juga pembentukan calon pendidik yang mampu berpikir kritis, komunikatif, kreatif, serta memiliki integritas keilmuan dan spiritualitas yang kuat.

Sebagai langkah awal, tahun pertama perkuliahan menjadi tahap fondasi akademik dan karakter. Pada tahap ini, mahasiswa diperkenalkan pada konsep-konsep dasar matematika, sekaligus dibekali dengan mata kuliah umum yang membentuk kemampuan berpikir logis, komunikasi akademik, serta kepekaan sosial dan religius.

Rancangan kurikulum tahun pertama dalam kerangka OBE di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama diarahkan untuk membangun knowledge base yang kokoh. Mata kuliah yang ditawarkan terbagi ke dalam dua kelompok besar:

1. Mata Kuliah Dasar Matematika

Tujuan utamanya adalah menyiapkan mahasiswa agar memahami struktur dan logika dasar matematika yang akan menopang mata kuliah lanjutan. Beberapa mata kuliah utama antara lain:

  • Kalkulus 1 dan 2, memperkenalkan konsep limit, turunan, dan integral serta aplikasinya.
  • Aljabar Dasar dan Aljabar Linear, membentuk pemahaman tentang operasi bilangan, sistem persamaan, dan struktur ruang vektor.
  • Logika Matematika dan Himpunan, menumbuhkan kemampuan berpikir deduktif dan kemampuan melakukan pembuktian matematis.
  • Pengantar Statistika dan Peluang, memberikan wawasan awal tentang pengolahan data dan probabilitas dasar.
  • Setiap mata kuliah disusun berdasarkan learning outcomes yang jelas. Misalnya:
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar kalkulus dan menerapkannya dalam penyelesaian masalah kontekstual pendidikan matematika.

2. Mata Kuliah Umum (General Education Courses)

Sebagai calon pendidik, mahasiswa perlu memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang seimbang dengan kemampuan akademiknya. Oleh karena itu, kurikulum semester pertama dan kedua juga memuat:

  • Bahasa Inggris Akademik, melatih kemampuan komunikasi ilmiah dan pemahaman literatur internasional.
  • Islamic Studies (Studi Islam), membentuk landasan etika, spiritualitas, dan tanggung jawab moral dalam menjalankan profesi pendidik.
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, menanamkan semangat nasionalisme dan pemahaman terhadap hak dan kewajiban warga negara.
  • Pengantar Pendidikan dan Ilmu Sosial, memperkenalkan teori dasar pendidikan dan posisi matematika dalam konteks pendidikan nasional.

Setiap mata kuliah dirancang berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diturunkan menjadi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK).

Mahasiswa tidak hanya dinilai dari kemampuan kognitif, tetapi juga dari sikap, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.

Pendekatan Pembelajaran

Beberapa pendekatan pembelajaran yang digunakan antara lain:

– Student Centered Learning (SCL) seperti problem-based learning, project-based learning, dan case study.

– Asesmen autentik berupa proyek, portofolio, refleksi diri, dan presentasi.

– Integrasi nilai karakter dan etika profesional, sesuai dengan visi universitasdan falsafah pendidikan Islam.

Dengan demikian, pada akhir tahun pertama, mahasiswa diharapkan:

1. Menguasai konsep dasar matematika secara konseptual dan aplikatif.

2. Menunjukkan kemampuan komunikasi ilmiah dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

3. Memiliki sikap akademik, religius, dan kebangsaan yang mencerminkan profil calon pendidik profesional.

Perancangan kurikulum berbasis OBE di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Komputama bukan sekadar menyusun daftar mata kuliah, melainkan membangun learning ecosystem yang menumbuhkan potensi mahasiswa secara utuh.

Tahun pertama menjadi pondasi emas untuk membentuk mahasiswa yang cerdas dalam logika, kuat dalam iman, dan siap berkontribusi sebagai pendidik masa depan yang adaptif terhadap perkembangan zaman dan teknologi.

*Penulis adalah Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Komputama, Cilacap, Jawa Tengah

Daftar Referensi:

1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

2. Kemenristekdikti. (2018). Panduan Implementasi Outcome-Based Education di Perguruan Tinggi Indonesia. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

3. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. (2021). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbudristek.

4. Suherman, E., et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.

5. Hidayat, R., & Rahayu, L. (2020). “Penerapan OBE dalam Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), 120–129.

6. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

7. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

8. Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK). (2023). Instrumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Matematika Berbasis OBE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-2011

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

3001

3002

3003

3004

3005

3006

3007

3008

3009

3010

3096

3097

3098

3099

3100

3101

3102

3103

3104

3105

4000

4001

4002

4003

4004

4005

4006

4007

4008

4009

4010

4011

4012

4013

4014

4015

4016

4017

4018

4019

3026

3027

3028

3029

3030

3031

3032

3033

3034

3035

3106

3107

3108

3109

3110

3111

3112

3113

3114

3115

4020

4021

4022

4023

4024

4025

4026

4027

4028

4029

4030

4031

4032

4033

4034

4035

4036

4037

4038

4039

3036

3037

3038

3039

3040

3041

3042

3043

3044

3045

3116

3117

3118

3119

3120

3121

3122

3123

3124

3125

4040

4041

4042

4043

4044

4045

4046

4047

4048

4049

4050

4051

4052

4053

4054

4055

4056

4057

4058

4059

3126

3127

3128

3129

3130

3131

3132

3133

3134

3135

3056

3057

3058

3059

3060

3061

3062

3063

3064

3065

3136

3137

3138

3139

3140

3141

3142

3143

3144

3145

4060

4061

4062

4063

4064

4065

4066

4067

4068

4069

4070

4071

4072

4073

4074

4075

4076

4077

4078

4079

3071

3072

3073

3074

3075

3136

3137

3138

3139

3140

3141

3142

3143

3144

3145

4080

4081

4082

4083

4084

4085

4086

4087

4088

4089

4090

4091

4092

4093

4094

4095

4096

4097

4098

4099

3076

3077

3078

3079

3080

3081

3082

3083

3084

3085

4100

4101

4102

4103

4104

4105

4106

4107

4108

4109

4110

4111

4112

4113

4114

4115

4116

4117

4118

4119

3086

3087

3088

3089

3090

3091

3092

3093

3094

3095

4120

4121

4122

4123

4124

4125

4126

4127

4128

4129

4130

4131

4132

4133

4134

4135

4136

4137

4138

4139

content-2011