Banner Tarik Pameran Elektronik dan Teknologi Modern Biru dan Merah Muda (1)
previous arrow
next arrow

4 Cara Gunakan ChatGPT untuk Mendesain Soal dan Evaluasi Pembelajaran, Trik dari Dosen UNIKMA Cilacap

Unikma.ac.id – Di era percepatan teknologi kecerdasan buatan, dosen dan mahasiswa tidak lagi berbicara tentang […]


Unikma.ac.id – Di era percepatan teknologi kecerdasan buatan, dosen dan mahasiswa tidak lagi berbicara tentang “apakah” AI perlu digunakan dalam pendidikan, tetapi “bagaimana” mengintegrasikannya secara cerdas dan bertanggung jawab. Salah satu alat yang kini paling banyak digunakan dalam dunia akademik adalah ChatGPT.

ChatGPT, menjadi kawan (chatbot) yang dapat dapat membantu merancang soal, melakukan analisis jawaban, bahkan menyusun evaluasi pembelajaran secara cepat dan akurat.

Bagi mahasiswa pendidikan, terutama yang kelak akan menjadi guru, memahami cara memanfaatkan ChatGPT menjadi keterampilan akademik baru yang sangat strategis.

1. ChatGPT sebagai Asisten Mendesain Soal

Merancang soal bukan sekadar membuat pertanyaan. Ia melibatkan proses kognitif, menentukan level kesulitan, menyesuaikan capaian pembelajaran, memastikan kejelasan konteks, dan menjaga validitas konsep.
ChatGPT dapat membantu pada beberapa aspek, seperti:

a. Menghasilkan variasi soal

Alih-alih hanya satu jenis soal, ChatGPT dapat menghasilkan 10 hingga 50 variasi dalam hitungan detik, dengan tipe beragam, pilihan ganda, uraian, HOTS, hingga soal berbasis studi kasus.

b. Menentukan tingkat berpikir (LOTS–HOTS)

Dengan instruksi yang tepat, ChatGPT mampu menghasilkan soal dengan tingkat kesulitan sesuai Taksonomi Bloom, dari pemahaman dasar hingga analisis tingkat tinggi.

c. Membangun konteks dunia nyata

ChatGPT dapat mengubah soal matematika yang kering menjadi soal kontekstual yang relevan dengan teknologi, ekonomi, sosial, kesehatan, atau dunia digital, sesuatu yang semakin dibutuhkan dalam kurikulum modern.

2. Mendukung Analisis dan Evaluasi Pembelajaran

Selain membuat soal, ChatGPT memberikan berbagai keuntungan dalam evaluasi:

a. Memberikan scoring rubric

Dosen dapat meminta ChatGPT merancang rubrik penilaian untuk jawaban uraian, proyek digital, presentasi, hingga portofolio.

b. Menilai jawaban secara cepat

Dengan input jawaban mahasiswa, ChatGPT dapat membantu memberi penilaian awal, memberikan komentar perbaikan, dan menunjukkan area miskonsepsi, meskipun final assessment tetap harus diverifikasi oleh dosen.

c. Membuat soal refleksi atau feedback loop

Model ini dapat menyusun pertanyaan reflektif untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa secara lebih personal.

3. Peluang Baru bagi Mahasiswa Calon Guru

Bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan matematika, pemanfaatan ChatGPT bukan hanya mempermudah tugas kuliah, tetapi membangun kompetensi masa depan:

  • Guru melek teknologi yang mampu menggunakan AI secara etis akan lebih siap menghadapi dinamika pembelajaran digital.
  • Mahasiswa belajar menjadi perancang soal profesional, bukan sekadar pengguna.
  • AI membuka peluang untuk membuat bank soal digital, game pembelajaran, hingga e-modul otomatis yang dapat digunakan di sekolah nanti.

ChatGPT bukan pengganti guru, tetapi amplifier kreativitas dan kecerdasan guru modern.

4. Tantangan Etika dan Kritisitas

Penggunaan AI tidak serta-merta tanpa risiko. Mahasiswa tetap perlu:

  • Memvalidasi kebenaran konsep.
  • Menghindari plagiarisme.
  • Menggunakan prompt yang jelas dan bertanggung jawab.
  • Memahami bahwa AI adalah alat bantu, bukan penentu kebenaran ilmiah.
  • Kritis terhadap AI adalah bagian dari literasi digital yang harus dibangun sejak dini.

ChatGPT membuka peluangbaru dalam dunia pendidikan, cepat, adaptif, dan kaya variasi. Dengan memanfaatkannya secara bijak, mahasiswa dan dosen dapat memperkaya pembelajaran, meningkatkan kualitas soal, dan memperkuat evaluasi yang lebih bermakna. Transformasi ini bukan tentang menggantikan manusia, tetapi tentang meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran secara berkelanjutan.

Ingin menguasai keterampilan merancang soal berbasis AI, menyusun evaluasi digital, dan menjadi pendidik masa depan yang adaptif?

Mari bergabung bersama Universitas Komputama (UNIKMA), Cilacap, Jawa Tengah. UNIKMA adalah kampus teknologi yang membentuk pendidik kreatif dan profesional di era kecerdasan buatan.

Yuk Daftar sekarang!

Penulis: Eko Sutrisno, M.Pd, Dosen Pendidikan Matematika Universitas Komputama (UNIKMA), Cilacap, Jawa Tengah
Editor: Muhamad Ridlo

Referensi:

1. Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications.

2. Luckin, R. et al. (2016). Intelligence Unleashed: An Argument for AI in Education. Pearson.

3. Druga, S., Vu, S. T., & Breazeal, C. (2022). Children and AI Literacy: Developing Critical Understanding of AI Tools. MIT Media Lab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

content-2511

Mix Parlay


yakinjp

yakinjp

yakinjp

rtp yakinjp

yakinjp

Togel Online Resmi

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

yakinjp

news

slot mahjong ways

judi bola online

yakinjp

yakinjp

2001

2002

2003

2004

2005

2006

2007

2008

2009

2010

2106

2107

2108

2109

2110

2111

2112

2113

2114

2115

2116

2117

2118

2119

2120

2121

2122

2123

2124

2125

2196

2197

2198

2199

2200

2201

2202

2203

2204

2205

1141

1142

1143

1144

1145

2011

2012

2013

2014

2015

2096

2097

2098

2099

2100

2101

2102

2103

2104

2105

2126

2127

2128

2129

2130

2131

2132

2133

2134

2135

2206

2207

2208

2209

2210

2211

2212

2213

2214

2215

1154

1155

2016

2017

2018

2019

2020

2021

2022

2023

2024

2025

2086

2087

2088

2089

2090

2091

2092

2093

2094

2095

2136

2137

2138

2139

2140

2141

2142

2143

2144

2145

2216

2217

2218

2219

2220

2221

2222

2223

2224

2225

2026

2027

2028

2029

2030

2031

2032

2033

2034

2035

2076

2077

2078

2079

2080

2081

2082

2083

2084

2085

2146

2147

2148

2149

2150

2151

2152

2153

2154

2155

2226

2227

2228

2229

2230

2231

2232

2233

2234

2235

2036

2037

2038

2039

2040

2041

2042

2043

2044

2045

2066

2067

2068

2069

2070

2071

2072

2073

2074

2075

2166

2167

2168

2169

2170

2171

2172

2173

2174

2175

2236

2237

2238

2239

2240

2241

2242

2243

2244

2245

2046

2047

2048

2049

2050

2051

2052

2053

2054

2055

2156

2157

2158

2159

2160

2161

2162

2163

2164

2165

2246

2247

2248

2249

2250

2251

2252

2253

2254

2255

2176

2177

2178

2179

2180

2181

2182

2183

2184

2185

2186

2187

2188

2189

2190

2191

2192

2193

2194

2195

content-2511